Selasa, 21 April 2015

Filled Under:

PUASA SEHARI SEBELUM RAMADAN, BOLEHKAH?

PUASA SEHARI SEBELUM RAMADAN, BOLEHKAH?
a.        Deskripsi Masalah
Ramadan adalah bulan penuh berkah dan penuh rahmat, sehingga banyak sekali orang-orang dari lapisan manapun berbondong-bondong melakukan ibadah mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Namun demikian sering kita jumpai perbedaan-perbedaan dalam menentukan awal bulan Ramadan sehingga berdampak kepada masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa setiap tahunnya. Salah satu contoh ada sebagian masyarakat yang dalam mengawali bulan puasanya dengan mengikuti hitungan lima. Mereka mamakai pedoman bahwa tanggal lima bulan Ramadan kemarin, adalah awal bulan Ramadan ini, dan  tanggal lima pada bulan Ramadan ini, adalah awal bulan Ramadan yang akan datang dan seterusnya). Hal ini berdasarkan pernyataan (ibarat) dalam kitab Nuzhatul Majâlis Juz 1 Hal. 159 Dâr Al-fikr
رَاَيْتُ فِي عَجَائِبِ الْمَخْلُوْقَاتِ لِلْقَزْوينِيْ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى عَنْ جَعْفَر الصَّاِدقِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ خَامِسُ رَمَضَانَ الْمَاضِي اَوَّلُ رَمَضَانَ الْآَتِي وَقَدْ امْتَنَحَنُوْا ذَلِكَ خَمْسِيْنَ سَنَةً فَوَجَدُوْهُ صَحِيْحًا...
Ada juga sebagian masyarakat yang melakukan puasanya dengan berpegangan pada  penetapan pemerintah. Cuma dia melakukan puasanya satu hari sebelum tanggal satu Ramadan, dengan alasan ihtiyât (hati-hati). Padahal kita tahu sebelum tanggal satu Ramadan adalah Yaumu As-Syâk Yang dilarang berpuasa.
b.        Pertanyaan:
1.    Apakah memang benar paham yang terdapat dalam pernyataan (ibarat) diatas?
2.    Apakah diperbolehkan melakukan ibadah puasa sebelum tanggal satu yang ditetapkan pemerintah dengan alasan ihtiyat?     
c.        Jawaban:
1.    Penentuan awal bulan Ramadan atau bulan Syawal tidak dapat menggunakan pedoman yang diterangkan dalam kitab Nuzhatul Majâlis di atas. Bahkan, menurut para ulama, kitab Nuzhatul Majâlis tidak boleh dipelajari karena banyak mengandung hadits Maudlû’ dan cerita-cerita palsu.
2.    Yaumu As-syak menurut madzhab Syafi’i adalah hari tanggal 30 Sya’ban dan tersiar kabar Hilal terlihat namun tidak ada orang adil yang melihat, atau yang melihat Hilal adalah anak yang belum baligh atau perempuan. Adapun hukum berpuasa sebelum tanggal 1 Ramadan karena untuk ihtiyât adalah haram.
d.        Rujukan:
﴿ التَّنْبِيْهُ الثَّاِني الَّذِي يُرَادُ بِقَوْلِ الْفُقَهَاءُ : يَجُوْزُ لِلْحَاسِبِ الخ الحِسَابُ الْهِلَالِيُ لَا الْإِصْطِلَاحِي كَمَا فِي جَدوْلِي الَّذِي لِاسْتِخْرَاجِ الْبُرُوْجِ وَلَا حِسَابُ الْحُرُوْفِ الَّذِي يُجْمَعُ بِهِ عَدَدُ جُمَلِ حُرُوْفِ السَّنَةِ وَالْأَشْهُرِ وَيُعَدُّوْنَ بِالْمَجْمُوْعِ مِنْ يَوْمِ مَعْلُوْمٍ كـ"أبوقي" عِنْدَ أَهْلِ الْجَاوِي.  ( مُنْتَهَى نَتَائِجِ الْأَقْوَالِ فِي مَعْرِفَةِ أَحْوَالِ الْهِلَالِ لِلشَّيْخِ مُحَمَّدٍ حَسَن أَشْعَرِي البَاوِيَانِي الفَاسُرُوَانِي الجاَوِي، صـ 2)
وَقَاَلَ الشَّيْخُ عَبْدُ الْعَزِيْزِ الزَّمْزَمِي : وَالْمُرِادُ بِالْحِسَابِ مَعْرِفَةُ حِسَابِ قَوْسِ الْهِلَالِ وَنُوْرِهِ وَمَنْـزِلَتِهِ بِحَسبِ بُعْدِهِ عَنِ الشَّمْسِ وضخُرُوْجِهِ عَنِ شِعَاعِهَا وَبُلُوْغِهِ فِي الْبُعْدِ جِدًّا تمكن رُؤْيَتُهُ فِيْهِ عَادَةً بِحَسبِ الْإِسْتِقْرَاءِ فِي غَالِبِ الْمَعْمَوْرِ وَلِمضعْرِفَةِ ذَلِكَ طُرُقٌ هِيَ المُقَدِّمَاتُ ، فَمِنْهَا ظَنِّيَّةٌ وَهِيَ غَيْرُ مُرَادَةٍ هُنَا وَمِنْهَا قَطْعِيَّةٌ وَهِيَ الْمُرَادَةُ مِنْ كَلَامِهِ وَلَا يُعْرَفُ ذَلِكَ إِلَّا بِأَخْذِهِ مِنَ الْأَزْيَاجِ الْرَصْديةِ الْحِسَابِيَّةِ الْمُسَطرَةِ فِي الْأَزْيَاجِ وَمَعْرِفَةُ طَرِيْقِ مَأْخَذِ ذَلِكَ عُسْرٌ إِلَّا لِمَنْ سَبَقَ لَهُ فِي ذَلِكَ إشتِغَال فَيَسْتَدِلُّ عَلَى ذَلِكَ بِمَا يَعْرِفُهُ مِنْ طُرُقِ الزيجات الْمُوْصِلِ إِلَى ذَلِكَ اْلمَطْلُوْبِ. )عُمْدَةُ الْمُفْتِى وَالْمُسْتَفْتِى لِلْعِلَّامَةِ جَمَالِ الدِّيْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ حَسَنِ بْنِ عَبْدِ الْبَارِي الأَهْدَلِ، جـ 1/ صـ 201-202(

وَمِنَ الْكُتُبِ الْمَشْحُوْنَةِ مِنَ الْمَوْضُوْعَاتِ وَالْخَرَافَةِ الْإِسْرَائِيلِيَّةِ كِتَابُ نُزْهَةُ الْمَجَالِسِ وَمُنْتَخَبُ النَّفَائِسِ لِلصَّفورِي فَإِنَّ مُؤَلِّفَهُ رَحِمَهُ اللهُ قَدْ شَحَنَهُ بِالْمَوْضُوْعَاتِ مِمَّا لَا يَدْخُلُ تَحْتَ حَصْرِ وَفِيْهِ حِكَايَةٌ لَا أَصْلَ لَهَا .. ِاَلَى اَنْ قَالَ .. وَمِنْهَا كِتَابُ سيْرَةِ الْبُكْرَي قَالَ ابْنُ حَجَرَ فِى الْفتَاوَى الْحَدِيْثِيَّةِ لَا يَجُوْزُ قِرَاءَتُهَا لِاَنَّ غَالِبَهَا بَاطِلٌ وَكِذْبٌ وَقَدِ اخْتَلَطَتْ فَحَرُمَ الْكُلُّ حَيْثُ لَا مُمَيِّزَ. (فِى تَحْذِيْرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنَ الْأَحَادِيْثِ الْمَوْضُوْعَةِ عَلَى سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ r لِلْعَلَّامَةِ الشَّيْخِ مُحَمَّدِ بْنِ بَشِيْرِ بْنِ ظَافِرِ الْأَزْهَرِي الشَّافِعِي،  صـ 38-39)

1 komentar:

  1. Casino | Casino, Spa, Gaming & More | DrMCD
    Play 안양 출장샵 for real 광양 출장마사지 at the world's most popular table games, including blackjack, craps, 영천 출장안마 roulette, craps, and more at 대전광역 출장샵 Dr. 포항 출장안마

    BalasHapus