a.
Deskripsi Masalah
Di
masjid-masjid jamik biasa
dilakukan shalat jenazah yang diumumkan
dihalayak jama`ah jum`at. Agar tidak memberatkan para jamaah maka pelaksanaan
shalat jenazah itu dilakukan setelah shalat jum`at. Namun, dari beberapa jamaah
jum`at ada yang tidak ikut shalat disebabkan setelah shalat jum`at dia langsung
melakukan shalat ba`diyah jum`at. Tapi ada juga yang ikut melakukan pelaksanaan
shalat karena dia memandang bahwa shalat jenazah itu lebih utama dari pada
shalat ba`diyatul jum`at. Ternyata
setelah shalat selesai mayit yang dishalati belum dikafani.
b.
Pertanyaan:
1.
Manakah yang lebih kita utamakan antara
shalat janazah dan shalat ba`diyah jum`at ?
2.
Sah atau tidakkah menyolati mayit yang
belum dikafani sebagaimana permasalahan di atas ?
c. Jawaban:
1. Yang harus didahulukan adalah shalat
janazah.
2. Yang disayaratkan dalam menyolati mayit ia
harus sudah dimandikan. Kalau mayit sudah dimandikan tapi masih belum dikafani
maka sah shalat janazahnya namun makruh.
d. Rujukan:
فَاِئدَة ٌ:الْخُطَبُ الْمَشْرُوْعَةُ عَشْرٌ: خُطْبَةُ الْجُمْعَةِ،
وَاْلعِيْدَيْنِ، وَالْكُسُوْفَيْنِ، وَالْاِسْتِسْقَاءِ، وَأَرْبَعٌ فِيْ الْحَجِّ،
وَكُلُّهُا بَعْدَ الصَّلَاةِ إِلَّا خُطْبَةَ الْجُمْعَةِ وَعَرَفَةَ فَقَبْلَهَا،
وَكُلٌّ مِنْهَا ثِنْتَانِ إِلَّا الثَّلَاثَةَ الْبَاقِيَةَ فِيْ الْحَجَِّ فَفُرَادَى،
وَلَوِ اجْتَمَعَ عَلىَ الشَّخْصِ فَرْضٌ وَصَلاةُ كُسُوْفٍ أَوْ خُسُوْفٍ، فَإِنْ
كَانَ وَقْتُ الْفَرْضِ وَاسِعاً قَدَّمَ الْكُسُوْفَ أَوِ الْخُسُوْفَ لِأَنَّهُ يُخَافُ
فَوْتُهَا، وَإِنْ كَانَ وَقْتُ الْفَرْضِ ضَيِّقاً قَدَّمَهُ ثُمَّ الْكُسُوْفَ أَوْ
الْخُسُوْفَ إِنْ لَمْ يَفُتْ، وَلَوِ اجْتَمَعَ عِيْدٌ وَجَنَازَةٌ أَوْ كُسُوْفٌ
وَجَنَازَةٌ قُدَِّمتِ الْجَنَازَةُ فِيْهِمَا خَوْفاً مِنْ تَغَيُّرِ الْمَيَِّتِ
لِأَنَّهُ مَظَنَّةٌ لِلتَّغَيُّرِ: هَذَا إِذَا حَضَرَتْ وَحَضَرَ الْوَلِيُّ، وِإِلَّا
أَفْرَدَ الْإِمَامُ جَمَاعَةً يَنْتَظِرُوْنَهَا وَاشْتَغَلَ مَعَ الْبَاقِيْنَ بِغَيْرِهَا،
وَالْعِيْدُ مَعَ الْكُسُوْفِ كَالْفَرْضِ مَعَهُ لِأَنَّ الْعِيْدَ أَفْضَلُ مِنْهُ،
وَلَِو اجْتَمَعَ فَرْضٌ وَجَنَازَةٌ وَلَمْ يَخَفْ تَغَيَّرَ الْمَيِّتِ، فَإِنْ كَانَ
وَقْتُ الْفَرْضِ وَاسِعاً وَجَبَ تَقْدِيْمَ الْجَنَازَةِ، وَإِنْ كَانَ َوقْتُ الْفَرْضِ
ضَيِّقاً وَجَبَ تَقِْدْيُم الْفَرْضِ، فَلَوْ خِيْفَ تَغَيَّرُ
الْمَيِّتِ وَجَبَ تَقْدِيْمُ الْجَنَازَةِ عَلَى الْفَرْضِ وَإِنْ خِيْفَ فَوْتُ وَقْتِهِ.
(نهاية الزين، صـ 111)