Selasa, 21 April 2015

Filled Under:

PERNAK-PERNIK AMIL ZAKAT

PERNAK-PERNIK AMIL ZAKAT
a.        Deskripsi Masalah
Di suatu desa seorang tokoh masyarakat mengangkat panitia zakat untuk mengurusi zakat fitrah, mulai dari mengumpulkan, membungkus, mendata mustahiq, mendistribusikan, dll. Beraspun terkumpul sangat banyak, sehingga membutuhkan waktu dan tenaga yang extra. Oleh karena itu, beberapa tokoh masyarakat berinisiatif menambah personil, dan mengajukannya kepada kepala desa setempat untuk diangkat secara resmi (mendapatkan SK), agar mereka bisa mengambil sebagian dari harta zakat sebagai amil.
b.        Pertanyaan:
1.      Apakah panitia yang diangkat kepala desa sebagaimana deskripsi di atas bisa dikatagorika Amil Zakat secara syara’, mengingat tidak memungkinkannya pengangkatan secara langsung dari presiden?
2.      Bolehkan seorang Imam mengangkat amil zakat lebih dari yang dibutuhkan semisal enam orang, padahal pekerjaannya bisa ditangani oleh tiga orang saja yang mengesankan dapat mengurangi jatah mustahiq?
c.        Jawaban:
1.      Tidak Bisa.
2.      Tidak Boleh.
d.        Rujukan:
الصِّنْفُ الثَّالِثُ الْعَامِلُ وَإِنْ كان غَنِيًّا وَبَعَثَهُ لِأَخْذِ الزَّكَوَاتِ وَاجِبٌ على الْإِمَامِ كما مَرَّ بَيَانُهُ في بَابِ أَدَاءِ الزَّكَاةِ وَيَدْخُلُ في اسْمِهِ السَّاعِي وهو الذي يَبْعَثُهُ الْإِمَامُ لِأَخْذِ الزَّكَوَاتِ وَالْكَاتِبُ وهو من يَكْتُبُ ما يُؤْخَذُ وَيُدْفَعُ وَالْقَاسِمُ وَالْحَاشِرُ وهو الذي يَجْمَعُ أَرْبَابَ الْأَمْوَالِ وَالْعَرِيفُ وهو الذي يَعْرِفُ أَرْبَابَ الِاسْتِحْقَاقِ وهو كَالنَّقِيبِ لِلْقَبِيلَةِ وَالْحَاسِبُ وَالْحَافِظُ لِلْأَمْوَالِ وَالْجُنْدِيُّ وَالْجَابِي لَا الْإِمَامُ وَالْوَالِي وَالْقَاضِي فَلَا حَقَّ لهم في الزَّكَاةِ بَلْ رِزْقُهُمْ في خُمُسِ الْخُمُسِ الْمُرْصَدِ لِلْمَصَالِحِ الْعَامَّةِ إنْ لم يَتَطَوَّعُوا بِالْعَمَلِ لِأَنَّ عَمَلَهُمْ عَامٌّ. (أسنى المطالب في شرح روض الطالب، جــ 1/صــ 395)
(وَاْلعَامِلُ كَسَاعٍ) وَهُوَ مَنْ يَبْعَثُهُ اْلإمَامُ لِأخْذِ الزَّكَاةِ (وَقَاسِمٍ وَحَاشِرٍ لاَ قَاضٍ). (فتح المعين، جــ 2/صــ 190)

إِذَا لَمْ تَقَعِ الْكِفَايَةُ بِسَاعٍ وَاحِدٍ ، أَوْ كَاتِبٍ وَاحِدٍ ، أَوْ حَاسِبٍ وَاحِدٍ ، أَوْ حَاشِرٍ أَوْ نَحْوِهِ زِيدَ فِي الْعَدَدِ بِقَدْرِ الْحَاجَةِ. (المجموع شرح المهذب، جــ 6/صــ 188) و (الموسوعة الفقهية الكويتية، جــ 29/صــ 228) و (المنهج القويم، صــ 494)
Comments

0 komentar:

Posting Komentar