METODE PENCARIAN KIBLAT
MODERN
a.
Deskripsi Masalah
Pencarian arah kiblat dewasa ini terasa lebih mudah
seiring dengan munculnya teknologi internet, seperti perangkat google map yang beroperasi dengan
bantuan teknologi satelit. Hanya dengan mengoperasikannya, arah kiblat sudah
dapat kita ketahui. Sementara dalam perspektif fikih, kita telah dikenalkan
pencarian kiblat klasik dengan beragam variannya, mulai dari identifikasi terhadap
struktur bumi (melihat posisi daerah, gunung), terhadap arah mata angin (barat,
timur, selatan, dan utara) sampai analisa terhadap komponen langit (bintang,
matahari). Tidak sebatas itu, kita juga telah dikenalkan tahapan-tahapan
pencarian kiblat, mulai dari al-Ilmu bi an-Nafsi (mengetahui secara
langsung), pemberutahuan orang adil yang melihat kiblat, Ijtihad, dan taqlid
terhadap mujtahid sebagaimana yang tertuang dalam kitab-kitab fiqih klasik.
b.
Pertanyaan:
1. Bila pencarian kiblat via google map dan sejenisnya dianggap
mu'tabar, masuk dalam kategori manakah google map dari tahapan-tahapan
pencarian kiblat yang ada dalam kitab fiqih?
- Bila akurasi pencarian google map dinilai valid, wajibkah
kita menggunakannya ketika berada dalam lokasi yang memungkinkan untuk
mengetahui kiblat dengan cara-cara lain, seperti bertanya, melihat mihrab
masjid, dan lain-lain?
c.
Jawaban:
1.
Pencarian kiblat via google map termasuk kategori
pencarian kiblat dengan alat yang bisa memberikan dzon (praduga kuat)
arah kiblat setara dengan Bait al-Ibroh (kompas) dalam segi
kevalidannya. Kedudukanya dalam tahapan pencarian arah qiblat setara dengan
berita dari orang adil atau semakna dengan ijtihad sesuai dengan khilaf ulama’.
- Tidak wajib.
d.
Rujukan:
وَيــَجُوْزُ
اْلإعْتِمَادُ عَلَى بَيْتِ اْلإبــْرَةِ يَعْنِيْ الديْرَةَ فِيْ دُخُوْلِ اْلوَقْتِ
وَاْلقِبْلَةِ ِلإفَادَتِهَا الظَنَّ كَاْلإجْتِهَادِ. (بغية المسترشدين للسيد
باعلوي الحضرمي، صــ 40)
قَوْلُهُ
: ( وَعَدِمَ ثِقَةً إلَخْ ) جُمْلَةٌ فِعْلِيَّةٌ مَاضَوِيَّةٌ حَالِيَّةٌ بِتَقْدِيرِ
قَدْ ، فَإِنْ وَجَدَ ثِقَةً يُخْبِرُ عَنْ عِلْمٍ وَلَوْ عَدْلَ رِوَايَةٍ أَوْ سَمِعَ
أَذَانَهُ فِي صَحْوٍ أَوْ أَذَانَ مَأْذُونِهِ أَيْ الثِّقَةِ بِأَنْ أَذِنَ الْمِيقَاتِيُّ
الثِّقَةَ الْمُؤَذِّنَ وَلَوْ صَبِيًّا مَأْمُونًا فِي ذَلِكَ ، أَوْ رَأَى مِزْوَلَةً
وَضَعَهَا عَارِفٌ ثِقَةٌ ؛ لِأَنَّهُ كَالْمُخْبِرِ عَنْ عِلْمٍ وَمِثْلُهَا مِنْكَابٌ
مُجَرَّبٌ ، وَأَقْوَى مِنْهُمَا بَيْتُ الْإِبْرَةِ الْمَعْرُوفِ لِعَارِفٍ فَلَا
يَجْتَهِدُ مَعَ وُجُودِ شَيْءٍ مِمَّا ذُكِرَ ا ج نَقْلًا عَنْ ق ل عَلَى الْجَلَالِ.
(حاشية البجيرمي على الخطيب، جــ 1/ صــ 454)
(
قَوْلُهُ : لِإِفَادَتِهَا الظَّنَّ بِذَلِكَ إلَخْ ) هَذَا التَّعْلِيلُ يَقْتَضِي
أَنَّ بَيْتَ الْإِبْرَةِ فِي مَرْتَبَةِ الْمُجْتَهِدِ ، وَلَيْسَ مُرَادًا إذْ لَوْ
كَانَ فِي مَرْتَبَتِهِ لَحَرُمَ عَلَيْهِ الْعَمَلُ بِهِ إنْ قَدَرَ عَلَى الِاجْتِهَادِ
كَمَا يَحْرُمُ الْأَخْذُ بِقَوْلِ الْمُجْتَهِدِ ، لَكِنَّ تَعْبِيرَهُ بِجَوَازِ
الِاعْتِمَادِ يُشْعِرُ بِأَنَّهُ مُخَيَّرٌ بَيْنَ الْعَمَلِ بِهِ وَبَيْنَ الِاجْتِهَادِ
فَيَكُونُ مَرْتَبَةً بَيْنَ الْمُخْبِرِ عَنْ عِلْمٍ وَبَيْنَ الِاجْتِهَادِ. (نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج، جــ
3/ صــ 497)