a.
Deskripsi Masalah
Kemudahan mengakses informasi membuat pula medapatkan
berita peristiwa-peristiwa aktualdaritempat yang jauh sekalipun. Daintaranya tentang Idul Fitri dan Idul Adha
1428 H di berbagai daerah dalam negri maupu luar negri . pada tahun tersebut
kita mendapatkan berita dari berbagai media bahwa Idul Firtri akan bagi umat
Islam Indonesia terjadi perbedaan hari yang mencapai empat versi yaitu: Kamis
11 Oktober 2007 Jumat 12 Oktober 2007 Sabtu 13 Oktober 2007 dan Ahad 14 Oktober
2007. Demikian pula Idul Adhalpada tahun yang sama terjadi perbedaan hiri
hingga atiga versi yaitu Selasa 17
Desember 2007 Rabu 18 Desember 2007 dan Kamis 19 Desember 2007. Dipihak lain
setidaknya sudah terjadi dua kali (1427-1428 H) Pemerintah Arab Saudi menetapkan
maju sehari ritual wuquf di Arfah sebab menurut berbagai sistem hisab yang mutadawwalah
pada hari ke 30 bulan Dzulqo’dah tahun tesebut hilal tidak dapat
diru’uyah di kawasan Mekkah dan sekitarnya karena ghruf bulan mendahului
ghrurf matahari sehingga seharusnya nisbat IDzul Hijjah 1437 dan 1428 H
BEDASARKAN PADA ISTIMAL(menggenapkan bulan Dzul qo’dah 30 hari) namun ternyata
realita yang terjadi di sana diputuskan 29 hari.
b.
Pertanyaan:
1.
Apakah bisa ditolerir secara syara’ orang
yang berhari raya pada hari yang menurut hisab dan kenyataan hilal tidak dapa
diru’yah atau berhari raya pada hari sesudah hari istikmal
2.
Wajibkah bagi jamaah Haji mentaati
pemerintah Arab Saudi terkait penetapan hari Arafah yang dinilai tidak sesuai
dengan ketetapan ru’ya istikmal atau hisab?
c.
Jawaban:
1.
Hari Raya yang tidak didasarkan hisab
dan kenyatan hilal tidak bisa ditolerir meskipun keputusan itu berdasarkan
kesaksian ru’yah menurut Ibnu Hajar karena pada malam itu hilal tidak mungkin
dilihat sebab pada saat terbenam mataharii hilal berada dibawah ufuq hari Raya
satu hari setelah istikmal juga tidak bisa ditoleri bila istikmalnya mu’tabar
(awal Ramadhan berdasarkan ru’yah atau sempunanya bulan sya’ban)
2.
Tidak wajib kecuali menurut Imam Ramli
apabila pemerintah AraB Saudi menyatakan terjadi ru’yah atas hisab secara
mutlak.
d.
Rujukan:
)يَثْبُتُ
شَهْرُ رَمَضَانَ ) لِلصَّوْمِ ( بِأَحَدِ أَمْرَيْنِ ) إمَّا ( بِاسْتِكْمَالِ شَعْبَانَ
الْعَدَدِ ) ثَلَاثِينَ يَوْمًا لِخَبَرِ الْبُخَارِيِّ { صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا
لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِينَ
} ( أَوْ رُؤْيَةِ الْعَدْلِ ) الْوَاحِدِ ( هِلَالَ الشَّهْرِ ) الْمَذْكُورِ { لِقَوْلِ
ابْنِ عُمَرَ أَخْبَرْت النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنِّي رَأَيْت
الْهِلَالَ فَصَامَ وَأَمَرَ النَّاسَ بِصِيَامِهِ } رَوَاهُ أَبُو دَاوُد وَصَحَّحَهُ
ابْنُ حِبَّانَ وَالْمَعْنَى فِي ثُبُوتِهِ بِالْوَاحِدِ
الِاحْتِيَاطُ لِلصَّوْمِ وَطَرِيقَةُ الشَّهَادَةُ لَا الرِّوَايَةُ ، فَيُشْتَرَطُ
فِيهِ كَمَا سَيَأْتِي فِي الْقَضَاءِ صِفَةُ الشُّهُودِ ، وَالْأَدَاءُ عِنْدَ الْقَاضِي
لَكِنْ صَحَّحَ فِي الْمَجْمُوعِ الِاكْتِفَاءَ بِظَاهِرِ الْعَدَالَةِ ، وَهُوَ الَّذِي
لَمْ يُزَكَّ وَهِيَ شَهَادَةُ حِسْبَةٍ لَا تَتَوَقَّفُ عَلَى دَعْوَى وَيَكْفِي أَشْهَدُ
أَنِّي رَأَيْت الْهِلَالَ كَمَا صَرَّحَ بِهِ جَمَاعَةٌ مِنْهُمْ الرَّافِعِيُّ فِي
صَلَاةِ الْعِيدِ خِلَافًا لِابْنِ أَبِي الدَّمِ قَالَ : ؛ لِأَنَّهَا شَهَادَةٌ عَلَى
فِعْلِ نَفْسِهِ. (شرح البهجة الوردية، جـ 7/ صـ 11)
َفائِدَةُ : اَلحْاَصِلْ أَنْ صَوْمَ
رَمَضَانَ يَجِبُ بِأحَدِ تِسْعَةِ أُمورٍ : إِكْمالِ شَعْبانَ ، وَرُؤْيَةِ اْلهِلَالِ
، وَالْخَبَرِ اْلمُتَواتُرِ بِرُؤْيتَِهِ وَلَوْ مِنْ كُفَّارٍ ، وَثُبُوتِهِ بِعَدْلِ
الشَّهادَةِ ، وَبِحُكْمِ اْلقَاضِي اَلمُْجْتَهِدِ إِنْ بَيَّنَ مُسْتَنِدَّهُ ، وَتَصْديقِ
مَنْ رَآهُ ولو صَبِياً وَفَاسِقاً ، وَظَنّ َبِاْلاِجْتِهادِ لِنَحْوِ أَسِيرٍ لا
ُمطْلقاً ، وَإِخْبَارِ اْلحَاسِبِ وَاْلمُنَجِّمِ ، فيَجِبُ َعلَيْهِمَا وَعلَى مَنْ
صَدَّّقَهُمَا عِنْدَ (م ر) : وَاْلإِمارَتِ الدَّالَةِ عَلَى ثُبوتِهِ فِي الْأَمْصارِ
كرُؤْيَةِ اْلقَنادِيلِ الْمُعَلّقَةِ بِالْمَناِيرِ اهـ كشف النقاب(بغية المسترشدين،
جـ 1 / صـ 228)
لا يُشْتَرَطُ فِي ثُبُوْتِ اْلهِلالِ
ووُجُوْبِ الصَّوْمِ بِمُقْتَضاهُ عَلَى النّاسِ حُكمْ ُالحَاكِمِ . وَلكَِنْ لَوْ
حَكَمَ بِثبُوتِ اْلهِلالِ بِنَاءً عَلىَ أَيِّ طَريقٍ في مَذْهَبِهِ وَجَبَ الّصَوْمُ
عَلىَ عُمُومِ اْلمُسْلِمِيْنَ . وَلَوْ خَالَفَ مَذْهَبُ اْلبَعْضِ مِنْهُمْ . ِلأَنَّ
حُكْمَ اْلحَاكِمِ يَرْفَعُ اْلِخلَافِ وَهَذَا مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ إِلَّا عِنْدَ الشَّافِعِيَّةِ
فَانْظُرْ مَذْهَبَهُمْ تَحْتَ اْلخَطِّ ( الشافعية قالوا : يُشْتَرَطُ فِي تَحْقِيقِ
اْلِهلاَلِ وَوُجُوبِ الَّصَوْمِ بِمُقْتَضَاهُ عَلىَ النَّاسِ أَنْ يَحْكُمَ بِهِ
الْحَاكِمُ فَمَتَى حَكَمَ بِهِ وَجَبَ الّصَوْمُ عَلىَ الّنَاسِ وَلوَ ْوَقَعَ حُكْمُهُ
عَنْ شَهَادَةٍ وَاحِدٍ عِدْلٍ ) (الفقه على المذاهب الأربعة، ج 1/ صـ 877)